Sumber Gambar: www.duniaislam.org

A.      Kesatuan Jiwa Manusia
Daya-daya jiwa ini bukanlah daya-daya yang berdiri sendiri, tetapi mereka bekerja sama dan harmonis. Masing-masing saling melayani dan saling memimpin. Akal perolehan adalah pimpinan bagi seluruh daya psikis. Masing-masing daya psikis saling melayani. Lalu, akal bakat (bi al-malakah) melayani akal aktual, dan akal material (hayulani) melayani al-malaikat) melayani akal bakat.
Akal praktis melayani semua akal, karena hubungan biologis bertujuan  untuk menyempurnakan akal teoritis, dan akal praktis mengatur hubungan tersebut. Sedangkan waham melayani akal praktis. Dia juga melayani dua daya, yaitu kekuatan setelahnya atau memori yang menyimpan berbagai makna parsial yang dipersepsi waham, dan kekuatan sebelumnya atau semua daya hewani.
Daya fantasi dilayani oleh dua daya, yaitu daya hasrat dan daya konsepsi. Daya hasrat melayani daya fantasi dengan menerima penyusunan dan pemisahan sketsa-sketsa inderawi yang tersimpan di dalamnya.
Sementara itu, daya konsepsi dilayani oleh indera kolektif dan daya dolektif dilayani oleh pancaindera eksternal. Daya hasrat dilayani oleh syahwat dan emosi, sedangkan syahwat dan emosi dilayani oleh daya gerak yang ada di dalam otot dan syaraf. Kemudian, daya hewan secara keseluruhan dilayani oleh daya tumbuh-tumbuhan. Adapaun daya yang pertama dan memimpin daya hewan adalah daya generatif; daya pertumbuhan dilayani oleh daya generatif; dan daya nutrisi dilayani oleh semua daya.
Reactions:

Post a Comment

 
Top