BAB IV
PENUTUP
Ibnu Sina seperti yang telah dipaparkan sebelumnya sangat memperhatikan perkembangan ilmu psikologi. Perhatiaannya tidak kita dapatkan di kalangan kaum pemikir Muslim lainnya yang terdahulu atau sesudahnya. Ibnu sina dianggap filosof Muslim paling popular yang mendalami psikologi dan banyak mengarang buku-buku tentang psikologi dan. Bagian yang ditulis Ibnu Sina tentang jiwa dalam bukunya asy-Syifâ termasuk tulisan paling lengkap tentang jiwa dalam filsafat Islam pada umumnya.
Ibnu Sina juga memiliki banyak buku dan tulisan singkat tentang jiwa, dan kami telah menyebutkan yang terpenting di antaranya ketika membicarak tentang karangan-karangannya. Pendapat-pendapat Ibnu Sina tentang jiwa banyak dipengaruhi oleh pendapat al-Farabi tentang jiwa sebelumnya, tetapi pembahasan Ibnu Sina lebih mendalam, padat, dan terinci ketimbang al-Farabi.
Ibnu Sina memiliki karisma yang besar di kalangan kaum Muslim pada masanya dan masa sesudahnya. Dia juga sangat mempengaruhi pemikiran kaum filosof bangsa Latin selama Abad Pertengahan, baik secara langsung maupun melalui al-Ghazali. Kita dapat melihat fakta itu pada Gundissalinus, Albert Le Grand, Saint Thomas d’Aquin, Guillaume d’Auvergne, Roger Bacon, dan Duns Scott. Pengaruh Ibnu Sina juga sampai ke Rene Descartes pada masa modern.
DAFTAR PUSTAKA

Fakhri, Majid Fakhr, Sejarah Filsafat Islam: Sebuah Peta Kronologis Bandung: Mizan, 2001

Leaman, Oliver, Pengantar Filsafat Islam: Sebuah Pendekatan Tematis Bandung: Mizan, 2001


Mubarok, Achmad,  Jiwa dalam al-Qur’an:Solusi Krisis Keruhanian Manusia Modern, Jakarta: Paramadina, 2000, cet ke-1

Mubarak, Achmad, Manusia Modern Mendamba Allah: Renungan Tasawuf Positif, Jakarta: Hikmah, 2002, cet ke-1

Najati,  Muhammad Utsman Najati, Jiwa dalam Pandangan Filosof Muslim, Alih bahasa, Gazi Saloom, Bandung: Pustaka Hidayah, 2002, 


Sarwono, Sarlito W. Berkenalan dengan Aliran-aliran dan Tokoh-tokoh Psikologi, Jakarta: PT Bulan Bintang, 2000

Syarif, M.M.   Para Filosof Muslim, Alih Basaha, Ilyas Hasan  Bandung: Mizan, 1996, cet ke-8,
Reactions:

Post a Comment

 
Top