Berterimakasih merupakan hal biasa diucapkan saat kita menerima suatu pemberian dari seseorang, namun terkadang manusia lupa untuk berterimakasih kepada Allah swt dengan segala nikmat telah diberikan. Bersyukur dan berdo'a adalah hal yang tidak boleh dilupakan oleh makhluk yang bernama "manusia".
Bila anda telah berusaha dan bertawakal namun masih dirundung kesusahan, maka tanyalah pada diri anda apakan anda telah berdo'a hari ini, apakah anda telah bersyukur pagi ini?.
Abu Umamah, salah seorang sahabat anshar duduk di masjid diluar waktu shalat, tak lama setelah itu Rasulullah saw masuk kedalam masjid dan menghapiri Abu Umamah seraya bertanya"Wahai Abu Umamah; aku melihatmu duduk di masjid diluar waktu shalat ada apa denganmu?", Abu Umamah menjawab, "ya Rasulullah, saat ini aku dalam kesulitan membayar hutang." Rasulullah berkata: "aku akan mengajarkanmu beberapa perkataan, jika engkau mengucapkannya, insya' Allah, Allah akan menghilangkan segala kesulitan-kesulitanmu dan melunasi hutang-hutangmu?, ucapkanlah do'a ini di pagi hari dan sore hari.
اَللَّهُمَ اِنِّي اَعُوْزُبِكَ مِنَ الهَمِّ وَ الحُزْنِ، وَ اَعُوْزُبِكَ مِنَ الْعَجْزِ وَ الكَسَلِ،
وَ أَعُوْزُبِكَ مِنَ الجُبْنِ وَ البُخْلِ، وَ أَعُوْزُبِكَ مِنْ غَلَبَةِ الدَيْنِ وَ قَهْرِ الرِِّجَالِ.
Ya Allah, aku berlindung kepadaMu dari kegelisahan dan duka cita.  dan aku berlindung kepadaMu dari kelemahan dan kemalasan, serta dari sifat kikir dan pengecut. dan aku berlindung kepadaMu dari cengkraman hutang dan penindasan manusia. (HR. Abu Dawud)
Saat Allah swt telah melapangkan rizki jangan sampai melupakan kewajiban sebagai makhluk supaya rizki tersebut tetap tercurah, maka kesyukuran merupakan lanjutan dari do'a, semakin banyak bersyukur semakin akan ditambakan rizki oleh Allah swt. Sebaliknya bila dengan rizki yang bertambah bukanya menumbuhkan sifat syukur tetapi membuat seseorang bertambah jauh dari Allah, yang datang selanjutnya adalah azab dari Allah swt.
"Sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti Kami akan menambah (nikmat) kepadamu, dan jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka sesungguhnya azab-Ku sangat pedih". (QS. Ibrahim:07)
Nabi saw bersabda kepada Mu’adz salah seorang sahabatnya,
“Demi Allah, aku benar-benar mencintaimu. Maka janganlah kamu lupa untuk membaca doa di setiap akhir shalat: ‘Allahumma a’innii ‘ala dzikrika wa syukrika, wa husni ‘ibaadatik.’ (Ya Allah, bantulah aku untuk mengingat-Mu dan bersyukur kepada-Mu, serta agar bisa beribadah dengan baik kepada-Mu).” (HR. An Nasa’i)
Bersyukur kepada Allah, dengan hati dan dengan perbuatan. Dimana kesyukuran termanifestasi dengan pengabdian kepada Allah, mendekatkan diri dengan hal-hal yang dicintai-Nya, baik yang bersifat lahir ataupun batin.
Do'a dalam hadits ini adalah diawali dengan dzikir dan dilanjutkan dengan bersyukur, dzikir merupakan bagian terpenting dari syukur karena bagaimana seseorang akan bersyukur bila tidak pernah mengingat Allah swt.
فَاذْكُرُونِي أَذْكُرْكُمْ وَاشْكُرُوا لِي وَلا تَكْفُرُونِ
“Ingatlah kepada-Ku, Aku juga akan ingat kepada kalian. Dan bersyukurlah kepada-Ku, janganlah kalian kufur.”  (QS. Al Baqarah: 152)
Reactions:

Post a Comment

 
Top