Perempuan merupakan makhluk menyimpan berjuta rahasia yang, terkadang ia dapat begitu tegar dan terkadang ia akan terlihat begitu lemah, ketegaran seorang perempuan malah terkadang merupakan kelemahannya. Salah satu penya'ir Lebanon pernah berkata "jangan  melihat perempuan dari perkataannya, tetapi lihatlah kematanya". Menjadi kewajiban seorang suami untuk berwasiat kepada istrinya dengan lemah lembut dan kasih sayang, kata-kata yang biasa menurut kita dapat bermakna lain bagi seorang perempuan. Oleh karena itu Allah SWT memberikan tuntunan dalam al Qur'an yang artinya:
Dan bergaullah dengan mereka secara patut. Kemudian jika kamu tidak menyukai mereka, (maka bersabarlah) karena mungkin kamu tidak menyukai sesuatu, padahal Allah SWT menjadikan padanya kebaikan yang banyak. (QS. an-Nisa':19)
Dalam sebuah hadits Rasulullah menjelaskan mengenai tata nasehat kepada wanita:
"Berwasiatlah kalian semua kepada para wanita dengan kebaikan, sesungguhnya wanita itu terbuat dari tulang rusuk dan tulang rusuk yang paling bengkok adalah yang paling atas. Jika engkau meluruskannya maka engkau bisa membuatnya patah, dan jika engkau membiarkannya maka ia akan tetap bengkok. Maka berialah wasiat kepada para wanita." (Muttafaq alaih).
Reactions:

Post a Comment

 
Top