Tumbuhkan perasaan Suami yang baik adalah suami yang tidak akan membiarkan istrinya terbiasa melakukan kesalahan-kesalahan. Menjaga istri adalah dengan memeliharanya dari kerusakan dan menjaga agar jangan mendatangi tempat-tempat yang buruk. Senantiasa menampakkan cemburu terhadapnya serta menganjurkan agar banyak-banyak tinggal di rumah.

Diriwayatkan dari Abdullah bin Umar r.a, ia berkata, "Rasulullah saw. bersabda, Ada tiga orang yang tidak akan masuk surga dan tidak akan dilihat Allah SWT di hari kiamat kelak: Seorang yang duhaka kepada orang tuanya, wanita yang menyerupai laki-laki, serta laki-laki dayyuts (tidak memiliki sifat cemburu)'." (HR. Ahmad).
Kecemburuan ini tentu dalam batasan yang wajar dan tidak berlebihan, kecemburuan yang berlebihan akan membuat hubungan rumah tangga akan menjadi renggang, maka hendaknya suami membatasi diri dengan cemburu kepada istri dalam hal-hal yang disyariatkan oleh al Qur'an dan Hadits.
Seorang istri juga harus dijauhkan dari teman-teman yang buruk, jangan biarkan istri keluar untuk hal-hal yang tidak perlu, pergi ke tempat-tempat yang tidak jelas baik atau buruknya atau melakukan perjalanan tanpa didampingi mahram. dalam diri bahwa istri adalah amanah yang kelak akan dipertanyakan di hari kiamat.
Reactions:

Post a Comment

 
Top