"Kaum laki-laki itu adalah pemimpin bagi kaum wanita, oleh karena Allah telah melebihkan sebahagian mereka (laki-laki) atas sebahagian yang lain (wanita), dan karena mereka (laki-laki) telah menafkahkan sebagian dari harta mereka."
(QS An-Nisa : 34)
Ada suatu ungkapan mengatakan "jangan berharap mendapatkan istri salihah seperti Fatimah binti Rasulullah jikalau engkau belum seperti Ali bin Abi Thalib", ungkapan ini merupakan sebuah sindiran untuk memperbaiki diri sebelum memikul suatu tanggung jawab.
Terdapat beberapa tuntunan untuk melejitkan kualitas keimanan kepada Allah SWT, hakekatnya semakin meningkat kualitas ketaqwaan seseorang maka semakin baik kualitas hubungan keluarganya.
Menjadi seorang suami yang baik bukanlah semudah membalikan telapak tangan. Hal ini dikarenakan seorang suami umumnya memiliki tanggung jawab yang lebih luas dan besar dari pada wanita. Urusan nafkah keluarga, sosial kemasyarakatan, tanggung jawab dakwah dan lain sebagainya yang terkadang menyita lebih banyak waktu.
Maka tak jarang diantara suami banyak yang hanya memiliki waktu yang sangat sedikit untuk keluarganya, dan tidak jarang yang tidak memiliki waktu sama sekali bahkan sampai meninggalkan keluarga untuk waktu yang lama guna mencukupi nafkah keluarga. Di lain sisi pihak keluarga khususnya istri merasa tidak mendapatkan apa yang menjadi haknya secara utuh, walau dari segi materi misalnya sudah terpenuhi.
Seorang suami yang baik hendaklah mengerti betul hak-hak istrinya, karena hak istri tersebut merupakan kewajiban yang harus ditunaikan. Jika kewajiban-kewajiban tersebut tidak ditunaikan maka jelas akan memberikan dampak yang buruk, baik bagi kehidupan keluarga maupun pribadi sang suami, karena bagaimanapun seorang istri merupakan amanat dan menjadi tanggung jawab bagi suaminya.
Jika memang demikian kenyataannya bahwa seorang istri adalah amanat, maka masing-masing suami hendaknya bertanya kepada diri sendiri, apakah selama ini telah menunaikan hak-hak istri ataukah termasuk orang yang menyia-nyiakannya serta bertidak melampaui batas terhadapnya?
Berikut ini adalah diantara hak-hak istri yang perlu untuk diperhatikan oleh seorang suami, jika itu semua dapat direalisasikan maka insya Allah SWT seorang laki-laki akan menjadi suami idaman bagi istrinya.
Reactions:

Post a Comment

 
Top