Ketika anak bermasyarakat, maka terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan oleh orang tua untuk dimiliki oleh seorang anak, diantara hal-hal tersebut adalah kemampuan anak untuk bersosialisasi.
Dengan bersosialisasi, banyak hal yang bisa mereka pelajari, seperti sikap toleransi, empati, saling berbagi dan sebagainya. Karena anak-anak yang mampu bersosialisasi akan tumbuh menjadi anak-anak yang merasa aman dan damai bila berada di tengah-tengah lingkungannya. Untuk mengajak anak bersosialisasi dengan lingkungan sekitarnya, berikut ini ada beberapa tips yang dapat dilakukan orang tua:
Di era informasi dan telekomunikasi saat ini orang tua perlu memperkenalkan anak pada lingkungan sekitar, rumah, dan lingkungan sekolah. Hal ini diperlukan agar anak memiliki wawasan mengenai lingkungan sekitar yang dapat membantunya untuk beradaptasi dengan zaman yang terus berkembang.
“Didiklah anakmu, karena dia akan hidup di suatu masa yang bukan masamu,” (Ali bin Abi Thalib r.a.)
Mulailah dengan membawa anak berjalan-jalan di sekitar rumah. Sambil berjalan anda dapat memperkenalkan anak pada orang-orang disekitarnya. Selain itu anda juga dapat menunjukkan pohon-pohon, masjid, hewan, benda, atau bangunan yang ada disepanjang jalan agar anak lebih mengenal situasi sekelilingnya.
Reactions:

Post a Comment

 
Top