Sumber Gambar: testeranda.blogspot.com

UNIVERSITAS ISLAM NEGERI  RADEN FATAPALEMBANG
FAKULTAS DAKWAH DAN KOMUNIKASI
JURUSAN JURNALISTIK


Nama Mata Kuliah      : Komunikasi Antarbudaya 
Kode Mt. Kuliah         : TIK 401
Jumlah SKS                : 2 SKS
Semester                      : 4 (genap)
Program Studi             : Jurnalistik
Dosen                          : Dr. Muslimin, M. Kom. I


A.Deskripsi Mata Kuliah

Budaya berkenaan dengan cara manusia hidup. Manusia belajar berpikir, merasa mempercayai, dan mengusahakan apa yang patut menurut budayanya. Bahasa, persahabatan, kebiasaan makan, praktik komunikasi, tindakan-tindakan sosial, kegiatan ekonomi, politik, dan teknologi. Semua itu berdasarkan pola-pola budaya. Budaya adalah suatu konsep yang membangkitkan minat. Secara formal budaya didefinisikan sebagai tatanan pengetahuan, pengalaman, kepercayaan, nilai sikap, makna, dan diwariskan dari generasi ke generasi melalui usaha individu dan kelompok.
Berkesinambungan dan hadir di mana-mana, budaya juga berkenaan dengan bentuk fisik serta lingkungan sosial yang mempengaruhi hidup kita. Budaya dipelajari tidak diwariskan secara genetis, budaya juga berubah ketika orang-orang  berhubungan antara yang satu dengan lainnya. Artinya, budaya dan komunikasi tidak dapat dipisahkan. Budaya tidak hanya menentukan siapa bicara siapa, dan bagaimana komunikasi berlangsung, tetapi budaya juga turut menentukan orang menyandi pesan, makna yang ia miliki untuk pesan, dan kondisi-kondisi untuk mengirim, memperhatikan, dan menafsirkan pesan. Sebenarnya, seluruh perbendaharaan prilaku kita sangat tergantung pada budaya kita dibesarkan.


B.   Kompetensi Standar
1.      Mahasiswa memahami dengan baik mengenai teori-teori yang berkenaan dengan Ilmu Komunikasi Antarbudaya.
2.      Mahasiswa memiliki kemampuan mengaplikasikan Ilmu Komunikasi Antarbudaya dalam menjalankan aktivitas sehari-hari.
3.      Mahasiswa memiliki kemampuan mengembangkan pemikiran, gagasan, dan keilmuan yang berkenaan dengan Ilmu Komunikasi Antarbudaya.



C.Topik-topik Perkuliahan

1.   Orientasi Perkuliahan
Pengantar Umum Perkuliahan; penjelasan tentang sistem perkuliahan, kredit smester, penulisan makalah, serta sistem evaluasi.

2.      Pengertian, dan Unsur-Unsur Komunikasi Antarbudaya
Komunikasi antarbudaya, terjadi apabila pengirim pesan adalah anggota dari suatu budaya dan penerima pesannya adalah anggota dari suatu budaya lain. Komunikasi antarbudaya, komunikasi antar orang-orang yang berbeda budaya. Berilah penjelasan tentang hal ini.

3.      Komunikasi dan Budaya: Pendekatan Antropologi
Antropologi adalah studi tentang umat manusia dan perilakunya, dan untuk memperoleh pengertian yang lengkap tentang keanekaragaman manusia. Antropologi budaya, cabang antropologi yang mengkhususkan diri pada pola-pola kehidupan masyarakat (budaya). (Haviland, 1992: 324). Berilah penjelasan tentang hal ini. Para antropolog telah lama berpendapat bahwa pengetahuan tentang budaya itu berharga bagi administrator (pelaku komunikasi: penguasa: penguasa, direktur, pimpinan, politikus, pelaku bisnis, diplomat, dan sebagainya). Berilah analisa tentang hal ini.

4.      Dimensi-Dimensi Komunikasi Antarbudaya
Terdapat beberapa dimensi yang menyebabkan komunikasi antarbudaya menjadi penting yaitu intrapersonal, antar personal, kultural, kolektif, dan global. Berilah penjelasan tentang hal ini.
  
5.      Difusi dan Akulturasi Budaya
Difusi sebagai suatu proses yaitu proses penyebaran unsur-unsur budaya (yang baru bagi masyarakat penerima) adalah merujuk kepada pengembangan (growth) dan tradisi sebagai suatu proses merujuk pada pemeliharaan. Sedangkan akulturasi (culture contact) dapat dipahami sebagai suatu proses dimana seseorang memiliki budaya bertemu dengan budaya lain, sehingga saling tukar dari kedua belah pihak. Berilah penjelasan tentang hal  ini. 

6.      Komunikasi dan Proses Simbolik
Kebutuhan dasar yang memang hanya ada pada manusia adalah kebutuhan akan simbolisasi. Hal-hal yang merupakan simbol-simbol kekayaan (uang, surat obligasi, master card, deposito, gelar), tanda pangkat yang kita sematkan, pakaian bermerek dan lain-lain, dianggap sebagai lambang keistimewaan sosial. Berilah penjelasan tentang hal ini.

7.      Mid Semester

8.      Penerapan Bahasa dalam Suatu Komunitas Budaya
Kehadiran bahasa dalam kehidupan manusia tidak dapat dianggap berada dalam suatu ruang hampa. Bahasa merupakan wahana komunikasi utama manusia. Dalam arti luas, bahasa memiliki dua ciri utama; Pertama, bahasa digunakan dalam proses transmisi pesan; Kedua, bahasa merupakan kode yang penggunaannya ditentukan bersama oleh warga suatu kelompok atau masyarakat. Bahasa disebut berdimensi sosial. Berilah penjelasan tentang hal ini.


9.      Komunikasi Melalui Penampilan
Appearance communicates meaning, begitu kata Leather (1976). Penampilan mengkomunikasikan makna. Komunikasi melalui penampilan atau biasa disebut komunikasi artifaktual (artifactual communication) sebagai bagian dari system komunikasi non-verbal mencakup segala sesuatu yang dipakai orang atau melakukan sesuatu terhadap tubuh untuk memodifikasi penampilannya. Berilah analisa tentang hal ini.

  1. Etnosentrisme dan Stereotip
Etnosentrisme adalah kebiasaan setiap kelompok untuk menganggap kebudayaan kelompoknya sebagai kebudayaan yang paling baik. Etnosentrisme membuat kebudayaan kita sebagai patokan untuk mengukur baik buruknya, tinggi rendahnya, kebudayaan lain. Sedangkan stereotip yaitu generalisasi (biasanya bersifat negatif) atas sekelompok orang (suku, agama, dan ras), dengan mengabaikan perbedaan-perbedaan individual. Berilah penjelasan tentang hal ini.

11.  Pentingnya Komunikasi Antarbudaya dalam Kehidupan Kontemporer
Membangun sebuah jembatan antarbudaya (dalam arti ras, kepercayaan, sosio-kultural), dengan landasan persamaan dan persaudaraan saat ini sangatlah penting. Karena kita tidak dapat berdiri sendiri, dalam kehidupan kotemporer. Hubungan dan kerja sama untuk menjaga bumi Allah dari kehancuran, dan menghindari fanatisme dan etnosentrisme yang berlebihan. Berilah analisa tentang hal ini.
           
12.  Ujian Akhir Semester

D.   Evaluasi
1.      Penulisan Makalah Sajian, dengan ketentuan.
a.       Memilih salah satu topik perkuliahan.
b.      Ditulis ketik komputer, jenis huruf Time New Roman, font 12, 1,5 spasi.
c.       Kertas  ukuran A4.
d.      Minimal 5 halaman, di luar Kata Pengantar dan Daftar Pustaka
e.       Memenuhi syarat penulisan ilmiah. 
2.      Penulisan Makalah Akhir, dengan ketentuan
a. Memperbaiki makalah yang sudah disajikan.
b.Ditulis ketik komputer, jenis huruf Time New Roman, font 12, 1,5 spasi.
c. Kertas  ukuran A4.
d. Memenuhi syarat penulisan ilmiah.

3.      Unsur-unsur penilian:
a.       Kehadiran                                     20%
b.      Keaktifan                                      20%
c.       Ujian Tengah Semester                 20%
d.      Ujian Akhir Semester                    20%
e.       Makalah                                        20%
______________________________
Total............................................100%
                                 

DAFTAR PUSTAKA


Abraham, Kathleen S. Communication Everyday Use. San Fransisco: Rinehart Press, 1977.

Agee, Warren K, Phillip H. Ault and Edwin Emery. Introduction to Mass Communication, New York: Harper and Row Publisher, 1977.

Berlo, David. K. The Process of Communication: An Introduction to Theory and Practice. New York: Holt, Rinehart and Winston, 1960.

Book, Cassandra L. Human Communication: Principles, Contexs and Skills. New York: St. Martin’s Press, 1980.

Byrnees, Francis. C. Communication (Reading Material). The International Rice Research Institute. Los Banos- Philippines, 1965.

Cangara, Hafied. Ilmu Komunikasi dalam Lintasan Sejarah dan Filsafat. Surabaya: Karya Anda, 1996.

-----------, Pengantar Ilmu Komunikasi, Jakarta: PT Raja Grafindo, 2014.

Sihabudin, Ahmad. Komunikasi Antarbudaya: Satu Perspektif Multidimensi, Jakarta: Bumi Aksara, 2013.


Reactions:

Post a Comment

 
Top