Sumber Gambar: www.ruangruntiko.info

UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN FATAPALEMBANG
FAKULTAS DAKWAH DAN KOMUNIKASI
JURUSAN KOMUNIKASI PENYIARAN ISLAM

Nama Mata Kuliah      : Ilmu Komunikasi 
Kode Mt. Kuliah         : KPI 401
Jumlah SKS                : 2 SKS
Semester                      : 4 (genap)
Program Studi             : Komunikasi Penyiaran Islam
Dosen                          : Dr. Muslimin, M. Kom. I

A.Deskripsi Mata Kuliah

Mata kuliah ini adalah istilah yang terdiri dari kata, yaitu ilmu dan komunikasi. Menurut Kamu Besar Bahasa Indonesia, ilmu adalah pengetahuan tentang suatu bidang yang disusun secara sistematis menurut metode tertentu, yang dapat digunakan untuk menerangkan gejala tertentu di bidang (pengetahuan) itu. Sedangkan kata komunikasi memiliki makna pengiriman dan penerimaan pesan atau berita antara dua orang atau lebih sehingga pesan yang dimaksud dapat dipahami.  Jadi, ilmu komunikasi dapat didefinisikan serangkaian pengetahuan yang tersusun secara sistematis yang berkenaan dengan pengiriman dan penerimaan pesan (berita) antara dua orang atau lebih sehingga pesan yang dimaksud dapat dipahami.


B.   Kompetensi Standar
1.      Mahasiswa memahami dengan baik mengenai teori-teori yang berkenaan dengan ilmu komunikasi.
2.      Mahasiswa memiliki kemampuan mengaplikasikan ilmu komunikasi dalam menjalankan aktivitas sehari-hari.
3.      Mahasiswa memiliki kemampuan mengembangkan pemikiran, gagasan, dan keilmuan yang berkenaan dengan ilmu komunikasi.


C.Topik-topik Perkuliahan

1.   Orientasi Perkuliahan
Pengantar Umum Perkuliahan; penjelasan tentang sistem perkuliahan, kredit smester, penulisan makalah, serta sistem evaluasi.

2.      Ruang Lingkup, Pengertian, dan Unsur-Unsur Komunikasi
Komunikasi adalah peristiwa komunikasi di mana komunikator (da’i) menyampaikan pesan melalui lambang-lambang kepada komunikan (mad’u), dan komunikan (mad’u) menerima pesan itu, mengolahnya dan kemudian meresponnya. Uraikanlah pengertian, ruang lingkup, dan manfaat mempelajari ilmu komunikasi.

3.      Tipe atau Bentuk Komunikasi
Joseph A. Devito seorang professor komunikasi di City University of New York dalam bukunya Communicology (1982) membagi komunikasi atas empat macam, yakni komunikasi antarpribadi, komunikasi kelompok kecil, komunikasi publik, dan komunikasi massa. Berilah penjelasan tentang hal ini.

4.      Model Komunikasi
Hampir semua di antara kita pernah mengunjungi pameran atau museum. Di sana diperlihatkan berbagai macam miniatur, seperti gedung, candi, pesawat terbang, perahu, dan sebagainya. Miniature-miniatur seperti dimaksud adalah model. Komunikasi sebagai ilmu yang mempelajari perilaku manusia dalam berkomunikasi, juga dapat digambarkan dalam berbagai macam model. Berilah analisa tentang hal ini.

5.      Fungsi Komunikasi
Menurut Harold D. Lasswell fungsi komunikasi antara lain. Pertama, manusia dapat mengontrol lingkungannya. Kedua, beradaptasi dengan lingkungan tempat mereka berada. Ketiga, melakukan transformasi warisan sosial kepada generasi berikutnya. Berilah penjelasan tentang hal ini.

6.      Menjadi Komunikator yang Profesional
Komunikator adalah pihak yang mengirim pesan kepada khalayak. Oleh karena itu, komunikator biasa disebut pengirim, sumber, source atau encoder. Sebagai pelaku utama dalam proses komunikasi, komunikator memegang peranan sangat penting, terutama dalam mengendalikan jalannya komunikasi. Berilah penjelasan tentang hal ini.

7.    Mid Semester

8.      Pesan (Kode Verbal dan Non verbal)
Membicarakan pesan (message) dalam proses komunikasi, kita tidak bisa melepaskan diri dari apa yang disebut simbol dan kode, karena pesan yang dikirim komunikator kepada penerima terdiri atas rangkaian simbol   kode. Berilah analisa tentang hal ini.

  1. Media Komunikasi dan Gangguan dan Rintangan Komunikasi
Media adalah alat yang digunakan untuk menyampaikan pesan dari komunikator kepada khalayak. Sedangkan, jika kita melihat hakikat komunikasi sebagai suatu sistem, gangguan komunikasi bisa terjadi pada semua elemen atau unsur-unsur yang mendukungnya, termasuk faktor lingkungan di mana komunikasi itu terjadi. Berilah analisa tentang hal ini.

  1. Penerima Pesan Komunikasi dan Pengaruh Peristiwa Komuniskasi
Penerima biasa disebut dengan istilah khalayak, sasaran, pembaca, pendengar, pemirsa, audience, decoder atau komunikan. Sedangkan, semua peristiwa komunikasi yang dilakukan secara terencana mempunyai tujuan, yakni memengaruhi khalayak atau penerima. Pengaruh atau efek ialah perbedaan antara apa yang dipikirkan, dirasakan, dan dilakukan oleh penerima sebelum dan sesudah menerima pesan. Berilah analisa tentang hal ini.

11.  Perkembangan Terakhir Ilmu Komunikasi
Meski praktik komunikasi retorika dan jurnalistik telah ada sejak zaman Yunani, namun sebagai mata pelajaran di perguruan tinggi retorika baru diajarkan di sekolah Kathedral di Chatres pada abad ke-13. Sedangkan jurusan jurnalistik diajarkan dengan nama ilmu pers oleh Karl Bucher di Bazel- Swiss pada tahun 1884. Di Amerika Serikat misalnya pendidikan komunikasi baru melembaga setelah Wilbur Schramm membuka program pascasarjana pada 1950 di University of Illinois. Berilah Analisa tentang hal ini.

12.  Ujian Akhir Semester

D.   Evaluasi
1.      Penulisan Makalah Sajian, dengan ketentuan.
a.       Memilih salah satu topik perkuliahan.
b.      Ditulis ketik komputer, jenis huruf Time New Roman, font 12, 1,5 spasi.
c.       Kertas  ukuran A4.
d.      Minimal 5 halaman, di luar Kata Pengantar dan Daftar Pustaka
e.       Memenuhi syarat penulisan ilmiah. 

2.      Penulisan Makalah Akhir, dengan ketentuan
a. Memperbaiki makalah yang sudah disajikan.
b.Ditulis ketik komputer, jenis huruf Time New Roman, font 12, 1,5 spasi.
c. Kertas  ukuran A4.
d. Memenuhi syarat penulisan ilmiah.

3.      Unsur-unsur penilian:
a.       Kehadiran                                     20%
b.      Keaktifan                                      20%
c.       Ujian Tengah Semester                 20%
d.      Ujian Akhir Semester                    20%
e.       Makalah                                        20%
______________________________
Total............................................100%
DAFTAR PUSTAKA

Abraham, Kathleen S. Communication Everyday Use. San Fransisco: Rinehart Press, 1977.

Agee, Warren K, Phillip H. Ault and Edwin Emery. Introduction to Mass Communication, New York: Harper and Row Publisher, 1977.

Berlo, David. K. The Process of Communication: An Introduction to Theory and Practice. New York: Holt, Rinehart and Winston, 1960.

Bonar, S. K. Hubungan Masyarakat Modern, Jakarta: PT Pembangunan, 1966.

Book, Cassandra L. Human Communication: Principles, Contexs and Skills. New York: St. Martin’s Press, 1980.

Byrnees, Francis. C. Communication (Reading Material). The International Rice Research Institute. Los Banos- Philippines, 1965.

Cangara, Hafied. Ilmu Komunikasi dalam Lintasan Sejarah dan Filsafat. Surabaya: Karya Anda, 1996.

-----------, Pengantar Ilmu Komunikasi, Jakarta: PT Raja Grafindo, 2014.

Effendy, Onong Uchjana. Hubungan Masyarakat, Suatu Studi Komunikasi, Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 1992.

Ruslan, Rosady, Manajemen Public Relation dan Media Komunikasi Konsepsi dan Aplikasi, Jakarta: PT Raja Grafindo, 2014.




Reactions:

Post a Comment

 
Top