UNIVERSITAS ISLAM NEGERI  RADEN FATAH  PALEMBANG
FAKULTAS DAKWAH DAN KOMUNIKASI
JURUSAN KOMUNIKASI PENYIARAN ISLAM


Nama Mata Kuliah      : Teknik Penulisan Naskah PR  
Kode Mt. Kuliah         : KPI 603
Jumlah SKS                : 2 SKS
Semester                      : 6 (genap)
Program Studi             : Komunikasi Penyiaran Islam
Dosen                          : H. Riza Pahlevi, MA.


A.Deskripsi Mata Kuliah

Kemampuan tulis-menulis naskah kehumasan (PR writing skill) sangat diperlukan bagi seorang PRO (Public Relations Officer) atau Pejabat Humas dalam pelaksanaan fungsinya. Itu berarti seorang PRO harus lebih banyak latihan untuk dapat menguasai secara mutlak dasar-dasar teknik penulisan berita (News Writing) yang akan dipergunakannya dalam membuat press release, artikel, dan feature, digabung dengan formula 5W + 1 H.
Tulis-menulis itu bukanlah semata-mata pekerjaan biasa/keterampilan umum, tetapi suatu kombinasi pekerjaan otak yang didukung dengan kemampuan khusus untuk memadukan semua ide. Pengetahuan dan kemampuan bahasa yang baik, berwawasan luas dan penuh kreativitas mengolah suatu berita, press release, artikel atau feature yang disusun secara padat dan singkat, tetapi menarik bagi pembacanya atau target audiennya.

B.   Kompetensi Standar
1.      Mahasiswa memahami dengan baik mengenai teori-teori yang berkenaan dengan manajemen teknik penulisan naskah PR.
2.      Mahasiswa memiliki kemampuan mengaplikasikan teknik penulisan naskah PR.
3.      Mahasiswa memiliki kemampuan mengembangkan pemikiran, gagasan, dan keilmuan yang berkenaan dengan teknik penulisan naskah PR.


C.Topik-topik Perkuliahan

1.   Orientasi Perkuliahan
Pengantar Umum Perkuliahan; penjelasan tentang sistem perkuliahan, kredit smester, penulisan makalah, serta sistem evaluasi.


2.      Kiat, Teknik, dan Tujuan Penulisan Naskah PR
Praktisi PR memerlukan persiapan yang cukup ketika memulai menggarap suatu tulisan, gaya bahasa, suatu topic atau isu, dan hingga merancang tujuan publikasi, serta strategi pesan yang hendak dicapai pada sebuah tulisan tersebut. Berilah penjelasan tentang hal ini.

3.      Kiat Membuat Tulisan PR yang Menarik
Sebagai ilustrasi, dalam bercerita pada sebuah berita atau artikel lainnya, tidak selalu menggunakan gaya bahasa yang kaku (teknis). Banyak majalah, company profile, annual report dan sebagainya akan kehilangan daya tarik bagi pembacanya, karena tidak memperhatikan prinsip-prinsip gaya menulis yang hidup serta menarik perhatian. Berilah analisa tentang hal ini.

4.      Media Pertemuan (Event)
Media pertemuan secara langsung dengan para audiennya melalui tatap muka langsung (face to face), misalnya presentasi, diskusi, seminar, pameran, naskah (script): naskah pidato (speech writing), presentasi dan naskah sambutan. Berilah penjelasan tentang hal ini.


5.      Siaran (release): Siaran pers (press release), siaran bertia (new release/letter) dan journal magazine (majalah internal).
Press release, menurut Thomas Bivins, dalam bukunya Handbook for Public Ralations Writing (1992), merupakan informasi yang ingin disiarkan melalui pers, biasanya media cetak. Berilah penjelasan tentang hal ini.

6.      Profil perusahaan dan produk (Company Profile and Product) dalam bentuk majalah.
Company Profile (profil perusahaan) lebih banyak menampilkan aspek historis perusahaan, susunan komisaris, jajaran direksi, system/struktur organisasi dan manajemen, jumlah kantor cabang yang sudah ada, jenis produk atau jasa yang dikelola, hingga nilai filosofi yang anut perusahaan. Berilah penjelasan tentang hal ini.

7.      Mid Semester


8.      Annual Repot (Laporan Tahunan), dan Laporan Bulanan dan Semesteran.
Menurut David F. Hawkins, Harvard Business School (1995), yaitu: The Principal purpose of the annual report is to tell the company’s story to a multiplicity of audiences. Tujuan utama dari laporan tahunan untuk menyampaikan berbagai informasi usaha perusahaan terhadap khalayak sasarannya. Berilah penjelasan tentang hal ini.

9.      Prospektus
Prospektus, merupakan salah satu produk publikasi baru saat ini yang tengah menjadi trend di suatu perusahaan yang akan “Go Public” dan menjual sahamnya di Pasar Bursa Efek Jakarta (BEJ) atau Pasar Bursa Surabaya (PBS). Pada umumnya isi atau materi publikasi dalam suatu propektus tersebut berisikan atau gabungan dari Annual Report dan Company Profile. Hal ini merupakan cakupan fungsi atau peranan dari Financial Public Relations Publication. Berilah penjelasan tentang hal ini.


10.  Printed Material
Barang cetakan untuk tujuan publikasi PR dalam upaya penyampaian pesan-pesannya yang berbentuk, seperti: Brochure, Leaflet, Booklet, Kop Surat, Kartu Nama, Kartu Ucapan Selamat (Suplement), Kalender, dan lain sebagainya. Berilah analisa tentang hal ini.

11.  Dokumentasi dan Kliping
Dokumentasi dan kliping merupakan salah satu kegiatan Public Relation yang berkaitan dengan menelaah, menganalisis dan kemudian mengevaluasi perkembangan dari kemajuan bisnis perusahaan atau lembaga, aktivitas-aktivitas dan program acara tertentu-baik bersifat komersial maupun nonkomersial yang telah dimuat atau dipublikasikan di berbagai media massa. Berilah penjelasan tentang hal ini.

  1. Ujian Akhir Semester

D.   Evaluasi
1.      Penulisan Makalah Sajian, dengan ketentuan.
a.       Memilih salah satu topik perkuliahan.
b.      Ditulis ketik komputer, jenis huruf Time New Roman, font 12, 1,5 spasi.
c.       Kertas  ukuran A4.
d.      Minimal 5 halaman, di luar Kata Pengantar dan Daftar Pustaka
e.       Memenuhi syarat penulisan ilmiah. 

2.      Penulisan Makalah Akhir, dengan ketentuan
a. Memperbaiki makalah yang sudah disajikan.
b.Ditulis ketik komputer, jenis huruf Time New Roman, font 12, 1,5 spasi.
c. Kertas  ukuran A4.
d. Memenuhi syarat penulisan ilmiah.




3.      Unsur-unsur penilian:
a.       Kehadiran                                     20%
b.      Keaktifan                                      20%
c.       Ujian Tengah Semester                 20%
d.      Ujian Akhir Semester                    20%
e.       Makalah                                        20%
______________________________
Total............................................100%

DAFTAR PUSTAKA

Abraham, Kathleen S. Communication Everyday Use. San Fransisco: Rinehart Press, 1977.

Agee, Warren K, Phillip H. Ault and Edwin Emery. Introduction to Mass Communication, New York: Harper and Row Publisher, 1977.

Berlo, David. K. The Process of Communication: An Introduction to Theory and Practice. New York: Holt, Rinehart and Winston, 1960.

Bonar, S. K. Hubungan Masyarakat Modern, Jakarta: PT Pembangunan, 1966.

Book, Cassandra L. Human Communication: Principles, Contexs and Skills. New York: St. Martin’s Press, 1980.

Byrnees, Francis. C. Communication (Reading Material). The International Rice Research Institute. Los Banos- Philippines, 1965.

Cangara, Hafied. Ilmu Komunikasi dalam Lintasan Sejarah dan Filsafat. Surabaya: Karya Anda, 1996.

-----------, Pengantar Ilmu Komunikasi, Jakarta: PT Raja Grafindo, 2014.

Effendy, Onong Uchjana. Hubungan Masyarakat, Suatu Studi Komunikasi, Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 1992.

Ruslan, Rosady, Manajemen Public Relation dan Media Komunikasi Konsepsi dan Aplikasi, Jakarta: PT Raja Grafindo, 2014.




Reactions:

Post a Comment

 
Top