Peluncuran All-new Apple MacBook dengan layar 12 inci bersamaan dengan peluncuran Apple Watch sekaligus menjadi tanda dimulainya generasi baru port-USB. Biasanya, sebuah notebook memiliki dua,tiga hingga empat port-USB. Namun All-new MacBook hanya memiliki satu buah port USB saja.
Selain hanya memiliki satu port-USB, port tersebut ternyata berbeda dari kebanyakan port-USB yang ada saat ini. Port-USB baru tersebut bernama USB Type-C atau USB 3.1 dan memiliki beberapa kelebihan dibanding generasi sebelumnya.

USB Type-C bisa ditancapkan dengan perangkat lain secara lebih mudah. Pasalnya, kamu bisa menancapkan perangkat USB karena sisi atas dan bawahnya memiliki bentuk yang sama. Jadi, kamu tidak akan pernah lagi salah memasang flashdisk dalam kondisi terbalik.
Selain itu, USB Type-C juga memiliki kecepatan transfer dan output daya lebih besar. Port USB ini memiliki kecepatan transfer hingga 20 Gbps dan output daya 20 volt 5 ampere. Sementara port USB yang ada saat ini memiliki kecepatan transfer 10 Gbps dan daya 5 volt 1,8 ampere. Dengan begitu, kamu bisa mengisi baterai perangkat dengan lebih cepat.
Ke depannya, seluruh perangkat dengan interface USB secara perlahan akan menggunakan port USB Type-C ini, termasuk juga smartphone Android. Hal ini dikemukakan langsung oleh Adam Rodriguez, Product Manager Google.
Reactions:

Post a Comment

 
Top