Kesejahteraan dalam pandangan Islam bukan hanya dinilai dengan ukuran material semata. Tetapi juga dinilai dengan ukuran non-material. Seperti, terpenuhinya kebutuhan spiritual, terpeliharanya nilai-nilai moral, dan terwujudnya keharmonisan sosial. Dalam pandangan Islam, masyarakat dikatakan sejahtera bila terpenuhi dua kriteria.
Pertama, terpenuhinya kebutuhan pokok setiap individu rakyat, baik pangan, sandang, papan, pendidikan, dan kesehatannya. Kedua, terjaga dan terlidunginya agama, harta, jiwa, akal, dan kehormatan manusia. Dengan demikian, kesejahteraan tidak hanya buah sistem ekonomi semata, melainkan juga buah sistem hukum, sistem politik, sistem budaya, dan sistem sosial. 
Terkait dengan Program Palembang Sejahtera. Pemerintah Palembang dapat membuat program-program yang dapat mewujudkan Palembang sejahtera. Program-program yang dapat dibuat di antaranya: PertamaPengajian mingguan Muslimah Hanifah. KeduaPelatihan Entrepreneurship (Kewirausahaan). Ketiga, Training motivasi keluarga Sakinah. Keempat Peringatan Hari Besar Islam secara akademi dan professional. KelimaTemu Ulama Umaro se-Kota Palembang tentang Problematika Ummat saat ini. Tentunya, program-program tersebut dapat terealisasi bila mendapat dukungan dari Pemkot Palembang saat ini.

Reactions:

Post a Comment

 
Top