Sumber Gambar: news.liputan6.com

Pertanyaan yang muncul adalah masuk kategori apa kepemimpinan negara kita sekarang dan bagaimana tipe kepemimpinan para pemimpin daerah kita sampai saat ini, dan pemimpin apa yang dibutuhkan ke depan, transaksional atau transformasional? Masyarakat sudah memilih dan masyarakat akan memilih. Tetapi, apa sebenarnya kepemimpinan transaksional dan transformasional tersebut. Banyak teori kepemimpinan yang bisa dilihat dari aspek sifat, perilaku, peran, dan gaya, namun intinya memuat dua hal pokok yaitu pemimpin sebagai subjek dan yang dipimpin sebagai objek. Kepemimpinan merupakan sebagai suatu perilaku dengan tujuan tertentu untuk mempengaruhi aktifitas anggota kelompok untuk mencapai tujuan bersama yang dirancang untuk memberikan manfaat individu, kelompok, dan masyarakat.
Dalam hal ini, kehadiran Marzuki Ali selama ini telah memberikan kontribusi yang banyak bagi kemajuan masyarakat Indonesia. Beliau secara aktif dan efektif berusaha mengisi pembangunan yang berlangsung di Indonesia dengan berbagai aktivitas sosial dan kemanusiaan.

Koldtz dan Brazil mengatakan bahwa kepemimpinan itu harus ‘’authentic’’ artinya bertindak sangat efektif. Meskipun dia mengalami banyak tekanan, ia tetap optimis, setia, respek, loyal, bermoral, memiliki tujuan, motivasi,  tegas, dan mampu menularkan rasa aman. 
Reactions:

Post a Comment

 
Top