Sumber Gambar: www.sesawi.net

Kepemimpinan adalah kemampuan seseorang mempengaruhi dan memotivasi orang lain untuk melakukan sesuatu sesuai tujuan bersama. Kepemimpinan meliputi proses mempengaruhi dalam menentukan tujuan, memotivasi perilaku pengikut untuk mencapai tujuan, mempengaruhi untuk memperbaiki kelompok, dan budayanya.
Sedangkan kekuasaan adalah kemampuan untuk mempengaruhi orang lain untuk mau melakukan apa yang diinginkan pihak lainnya.
Sebab kepemimpinna adalah, “The art of influencing and directing meaning such away to abtain their willing obedience, confidence, respect, and loyal cooperation in order to accomplish the mission.” Kepemimpinan adalah seni untuk mempengaruhi dan menggerakkan orang-orang sedemikian rupa untuk memperoleh kepatuhan, kepercayaan, respek, dan kerjasama secara royal untuk menyelesaikan tugas.
Seorang pemimpin yang berhasil umumnya memiliki motivasi diri yang tinggi serta dorongan untuk berprestasi yang kuat. Dorongan yang kuat ini kemudian tercermin pada kinerja yang optimal, efektif, dan efisien. Seorang pemimpin selalu mendorong manusia kepada suatu cita-cita dan optimisme, meski di saat-saat paling sulit sekalipun; seperti saat mengalami kekalahan, cobaan, dan saat menderita sakit.

Sejauh ini, kualitas pribadi yang mampu mempengaruhi dan memotivasi inilah yang menyebabkan kinerja orang-orang yang berada di bawah kepemimpinan Marzuki Ali terus produktif dan mencapai target yang maksimal. 
Reactions:

Post a Comment

 
Top