Sumber Gambar: www.suduthukum.com
Pertemuan Islam dan peradaban Yunani melahirkan pemikiran rasional di kalangan ulama Islam zaman klasik. Tetapi,  perlu ditegaskan di sini bahwa ada perbedaan antara pemikiran rasional Yunani dan pemikiran Islam klasik. Di Yunani tidak dikenal agama samawi, maka pemikiran bebas, tanpa terikat pada ajaran-ajaran agama, yang tumbuh, dan berkembang. Sementara pada Islam zaman klasik pemikiran rasional ulama terikat pada ajaran-ajaran agama Islam sebagaimana yang terdapat dalam al-Qur’an dan Sunnah.[1]
Sedangkan Ilmu kalam atau teologi termasuk salah satu bidang studi Islam yang amat dikenal baik oleh kalangan akademis maupun oleh masyarakat pada umumnya. Hal ini antara lain, terlihat dari keterlibatan ilmu tersebut dalam menjelaskan berbagai masalah yang muncul di masyarakat. Keberuntungan atau kegagalan seseorang dalam kehidupannya sering dilihat dari sisi teologi. Dengan kata lain, berbagai masalah yang terjadi di masyarakat seringkali dilihat dari sudut teologi.
    Khawarij.
Di tinjau dari segi bahasa kata khawarij berasal dari suku kata Arab kharaja yang artinya keluar atau hengkang dan yang dimaksud adalah suatu aliran atau golongan atau kelompok yang pada mulanya setia dan mendukung kepada khalifah Ali Ibn Abu Thalib kemudian keluar dan tidak mendukung Ali Ibn Abu Thalib kemudian bergabung dengan kelompok lain karena tidak setuju dengan kebijakan pemerintahan Khalifah Ali Ibn Abu Thalib. Definisi inilah yang paling rajin dibanding dengan lainnya.[1]

Referensi

Abdullah, Hawash, Syekh Abdus Shamad Al-Palimbani: Shufi yang Syahid fi Sabilillah, Pontianak: Al-Fathona, 1982.

Abdullah, Mal An, “Abd Al-Shamad Al-Palimbani: Catatan tentang Hayat dan Karyanya” Dialog no. 1.

Abdullah Muhammad Azhari,  ‘Atbiyat al-Rahman, Makkah, 1259. H/1842. M.

-----------, Dala-il al-Khairat,  cetakan 3  ulu  Palembang, tanpa tahun.

-----------, Fadhail Membaca  Shalawat  Nabi  Muhammad SAW,  cetakan 3 Ulu Palembang, tanpa tahun.

-----------, Abdullah Muhammad Azhari,  Al-Qur'an    Al- ‘Azhîm,    3     Ulu   Palembang Kampung Demang Jayalaksana,   terbit tahun 1263.H/1848. M.

-----------, Siraj al-Huda, Makkah,  tanpa tahun.

------------, Tuhfat    Al-Murdîn,     Jami'ah  Syulahdar (Sahulatiyah,  India). Terbit tahun 1276.H/1859.M.

Abdullah, Ma’ruf, Muhammad Azhary, Badi’ Alzaman, Makkah: Al-Mayriyah Al-Kainah, 1892.

Abdullah, Sufyan Raji, Mengenal Aliran-Aliran dalam Islam dan Ciri-Ciri Ajarannya, Jakarta: Pustaka al-Riyadh, 2006.

Abdullah Taufik, Islam dan Masyarakat: Pantulan Sejarah Indonesia, Jakarta: LP3ES, 1987.

Aly Salman, Biografi Singkat Ulama di Sumatera Selatan. Laporan Penelitian. Palembang: Pusat Penelitian IAIN Raden Fatah Palembang.

Ali M. Sayuthi, Metodologi Penelitian Agama: Pendekatan Teori dan Praktek, Jakarta: PT Raja Grafindo, 2002.

Amin, Abd. Azim, Syekh Muhammad Azhari al-Palimbani: Ulama’ Panutan Abad Ke-19 di Nusantara, Palembang: Rafah Press, 2009.

Asmuni, Yusran, Pengantar Studi Pemikiran dan Gerakan Pembaharuan Dalam Dunia Islam, Jakarta: PT RajaGrafindo, 1995.

Arkoun, Mohammad, The Unthought in Contemporary Islam Thought, London: Saqi Books, 2002

Bahy, Muhammad, al-Fikhu al Islam fi Tathawwurihi, Penerjemah. Bambang Saiful, Bandung: Mizan, 1985.

Baqir, Haidar, “Antara Tasawuf Eksesif dan Tasawuf Positif”, Sufisme Kota, Jakarta: Serambi Ilmu Semesta, Cet. I, 2001.

--------,Manusia Modern Mendamba Allah; Renungan Tasawuf Positif, Jakarta: IIMaN dan Hikmah, Cet. I, 2002.

Baried, Baroroh, Pengantar Teori Filologi. Yogyakarta : Badan Penelitian dan Publikasi ---  Fakultas (BPPF) Seksi Filologi, Fakultas Sastra UGM, 1994

Barizi Ahmad, Tradisi dan Jaringan Intelektual KYAI Ihsan Jampes, (1901-1952), Jakarta: UIN Syarif Hidayatullah, 2009.

Bilfaqih, Abu   Abdillah,    Ringkasan   Biografi   as-Syaikhaini     al-Imamaini,  Malang: tp, 1996.

Cholil Umam, Kamus Pintar Agama Islam, Bandung: Citra Umbara, 1995.

Dewan Redaksi Ensiklopedi Islam, Ensiklopedi Islam, Jakarta: PT Ichtiar Baru Van Hoeve, 1994, Cet. Ke-3

Edward, Mortimer, Faith and Power the Politics of Islam, Penerjemah. Enna Hadi, Bandung: Mizan, 1984.

Fakhry, Majid, a Short Introduction to Islamic Philosophy, Theology and Mysticism, England: Onewolrd Publication, 1997.

Fathurrahman, Mukhtar Yahya dan Fathurrahman, Dasar-dasar Pembinaan Hukum Islam, Bandung: al-Ma’arif, 1986.

Gottschalk, Louis, Understanding History: Primer of Historical Method. Penerjemah Nugroho Notosusanto, Jakarta: UI Press, 1986.

Hanafi, Theologi Islam (Ilmu Kalam), Jakarta: Bulan Bintang, 1979.

Harahap, Syahrin, Metodologi Studi dan Penelitian Ilmu-Ilmu Ushuluddin, Jakarta: PT RajaGrafindo, 2000.

Hartoko, Dick dan B. Rahmanto, Pemandu di Dunia Sastra. Jogjakarta : Kanisus, 1986


Hidayat, Komaruddin, “Agama dan Kegalauan Masyarakat Modern,” Kehampaan Spiritual Masyarakat Modern: Respon dan Transformasi Nilai-nilai Islam Menuju Masyarakat Madani, Jakarta: Iiman dengan Hikmah, 2002.

Idi, Abdullah Sejarah Sosial Cina dan Melayu, Bangka: Ar-Ruzz, 2006.

Ismail A. Ilyas, Paradigma Dakwah Sayyid Qutub: Rekonstruksi Pemikiran Dakwah Harakah, Jakarta: Penamadani, Cet. II, 2008.

Jassar, Husain Ibn Muhammad, al-Husbun al-Hamidiyah li al-Muhafadzah ‘Ala al-‘Aqaid al-Islamiyah, Bandung: Syirkah al-Ma’arif.

Karlinger, Fred N. Foundation of Behavioral Research, New York: Holt Rinehart and Winston, Inc., 1973.

Koentjaraningrat,  Metode – Metode Penelitian Masyarakat. Jakarta : Gramedia, 1977


Madjid, Nurcholish, Islam Doktrin Dan Peradaban: Sebuah Telaah Kritis tentang Masalah Keimanan, Kemanusiaan, dan Kemoderenan, Jakarta: Paramadina, 1995.

---------,“Islam, Iman, dan Ihsan sebagai Trilogi Ajaran Ilahir”, Kontekstualisasi Doktrin Islam Dalam Sejarah, Jakarta: Paramadina, 1995.

Martin   Van  Bruinessen , Kitab   Kuning;   Pesantren    dan   Tarekat, Cet. I Bandung:  Mizan, 1995.

Mu’ti, A. Wahib, Tasawuf dalam Islam, (Jakarta: UIA Asyafi’iyah, 2009.

Nasichah, “Dakwah Pada Masyarakat Modern; Problem Kehampaan Spiritual”, Da’wah Jurnal Kajian Dakwah, Komunikasi dan Budaya, Vol. X, No. II, Jakarta: Fakultas Dakwah UIN Syarif Hidayatulah Jakarta, 2003.

Nata,  Abuddin, Metodologi Studi Islam, Jakarta: PT RajaGrafindo, 2003.

Nazir, Moh  Metodologi Penelitian, Jakarta: Ghalia Indonesia, 2005, h. 419.

Nasution, Harun, Falsafat dan Mistisisme dalam Islam, Jakarta: PT Bulan Bintang, 1995 Cet ke- 9
---------, Islam Rasional Gagasan dan Pemikiran Harun Nasution, Bandung: Mizan, 1995.
----------, Pembaharuan dalam Islam, Sejarah Pemikiran dan Gerakan, Jakarta: Bulan Bintang, 1975.

Pradopo, Rachmat Djoko, Pengkajian Puisi : Analisis Strata Norma dan Analisis Struktural dan Semiotik. Jogjakarta : Gajah Mada University Press, 2005


Pulungan, J. Suyuthi Prinsip-prinsip Pemerintahan dalam Piagam Madinah: Ditinjau dari Pandangan al-Qur’an, Jakarta: PT RajaGrafindo Persada, 1994.

Qaradhawi, Yusuf , al-Imân wal Hayat, Penerjemah, Choiron Marzuki Jakarta: Mitra Pustaka, 2001

Rahardjo, Mudjia, Sekilas Tentang Study Tokoh Dalam Penelitian, Bandung : Tri Bhakti, 2010


Riffatere, Michael, Semiotic of Poetry. Bloomington: Indiana University Press, 1978

Santosa, puji, Ancangan Semiotika dan Pengkajian Susastra. Bandung : Angkasa, 1993.

Syahrastani, Al-Milâl wa Al-Nihl, Beirut: Dâr al-Fikr, t.th.,

Sarraj, Abu Nashr, al-Luma’ ; Lajnah Nasyr at-Turats ash-Shufi, Edisi Terjemah, Surabaya: Risalah Gusti, Cet ke- I, 2002
Shihab, Alwi, “Akhlak sebagai Sasaran Tasawuf,” Manusia Modern Mendamba Allah; Renungan Tasawuf Positif, Jakarta: IIMaN dan Hikmah, Cet. I, 2002

--------,“Islam Sufistik; “Islam Pertama” dan Pengaruhnya hingga Kini di Indonesia, Bandung: Mizan, 2001, Cet. Ke- I

Sudardi, Bani, Dasar-dasar Teori Filolog, Surakarta: Penerbit Sastra Indonesia, Fakultas Sastra, Universitas Sebelas Maret, 2001  

Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D, Bandung: Alfabeta, 2014.

Syukur, Amin, Menggugat Tasawuf; Sufimse dan Tanggung Jawab Sosial Abad 21, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 1999, Cet. Ke- I.

Yamani, Ahmad Zaki, Asy-Syariatul Khalidah wa Musykilatul ‘Asri, Jakarta: Lembaga Studi Ilmu-Ilmu Kemasyarakatan Yayasan Bhineka Tunggal Ika, 1978.

Yusuf, Yunan, Alam Pikiran Islam Pemikiran Kalam dari Khawarij ke Buya Hamka hingga Hasan Hanafi, Jakarta: Prenadamedia Group, 2014.

---------, Corak Pemikiran Kalam Tafsir Al-Azhar Sebuat Telaah Atas Pemikiran Hamka dalam Teologi Islam, Jakarta: Penamadani, 2004.

Zulkifli, Ulama Sumatera Selatan: Pemikiran dan Peranannya dalam Lintasan Sejarah, Palembang: Universitas Sriwijaya, 1999.


[1]Sufyan Raji Abdullah, Mengenal Aliran-Aliran dalam Islam dan Ciri-Ciri Ajarannya, (Jakarta: Pustaka al-Riyadh, 2006), h. 39.




[1]Harun Nasution, Islam Rasional Gagasan dan Pemikiran Harun Nasution, (Bandung: Mizan, 1995), h. 7.
Reactions:

Post a Comment

 
Top