Definisi Karakter
Menurut bahasa,karakter adalah tabiat atau kebiasaan. Sedangkan menurut ahli psikologi,karakter adalah sebuah sistem keyakinan dan kebiasaan yang mengarahkan tindakan seorang individu. Karena itu, jika pengetahuan mengenaikarakter seseorang itu dapat diketahui, maka dapat diketahui pula bagaimana individu tersebut akan bersikap untuk kondisi-kondisi tertentu.
Dilihat dari sudut pengertian, ternyata karakter dan akhlak tidak memiliki perbedaan yang signifikan. Keduanya didefinisikan sebagai suatu tindakan yang terjadi tanpa ada lagi pemikiran lagi karena sudah tertanam dalam pikiran, dan dengan kata lain, keduanya dapat disebut dengan kebiasaan. 

Faktor-Faktor Membangun Karakter
Karakter sebagai tabiat, watak, dan akhlak merupakan hal yang sangat penting dalam kehidupan struktural dan kultural. Karakter manusia Indonesia dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara merupakan kunci yang sangat penting untuk mewujudkan cita-cita perjuangan guna terwujudnya masyarakat adil dan makmur berlandaskan Pancasila.
Pembangunan karakter mempunyai makna yang sangat mendasar untuk mempengaruhi segenap pikiran, tindakan dan perbuatan setiap manusia dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Karakter yang dimaksud adalah semangat juang, kebersamaan, gotong royong, kepedulian, sopan santun, persatuan dan kesatuan, kekeluargaan, dan tanggung jawab.
Karakter-karakter positif ini tampaknya cenderung semakin luntur dalam kehidupan berbangsa di Negara Kesatuan Republik Indonesia. Hal ini dapat dilihat secara jelas bahwa misalnya berbagai kasus konflik sosial dan komunal yang marak terjadi di berbagai daerah dengan penyebab yang kurang mendasar.
Selain itu, kaum terpelajar juga sedang marak terjadi tawuran baik itu dikalangan pelajar maupun dikalangan mahasiswa yang tidak sedikit merenggut nyawa esama mereka dan terus merembes kekehidupan masayarakat kita.

Menyadari karakter suatu masyarakat, bangsa dan negara mempunyai nilai dan makna yang sangat strategis, maka faktor-faktor yang perlu dan senantia diperhatiakan antara lain:  ideologi, politik, ekonomi, sosial budaya, agama, pendidikan, lingkungan, dan kepemimpinan.
Reactions:

Post a Comment

 
Top