UNIVERSITAS ISLAM NEGERI  RADEN FATAH  PALEMBANG
FAKULTAS DAKWAH DAN KOMUNIKASI
JURUSAN KOMUNIKASI PENYIARAN ISLAM


Nama Mata Kuliah      : Managemen Public Relation  
Kode Mt. Kuliah         : KPI 603
Jumlah SKS                : 2 SKS
Semester                      : 6 (genap)
Program Studi             : Komunikasi Penyiaran Islam
Dosen                          : Muslimin, M. Kom. I.


A.Deskripsi Mata Kuliah

Mata kuliah ini adalah istilah yang terdiri dari kata, yaitu manajemen yang berarti, memimpin, menangani, mengatur, atau membimbing. George R. Terry mendefinisikan manajemen sebagai sebuah proses yang khas dan terdiri dari tindakan-tindakan seperti perencanaan, pengorganisasian, pengaktifan dan pengawasan yang dilakukan untuk menentukan serta mencapai sasaran-sasaran yang telah ditetapkan melalui pemanfaatan sumber daya manusia dan sumber-sumber lainnya. Sedangkan term public relation menurut the British Institute of Public Relation bermakna, “public relation activity is management of communications between an organization and its publics.”
Public relations merupakan mediator yang berada antara pimpinan organisasi dengan publiknya, baik dalam upaya membina hubungan masyarakat internal maupun eksternal. Sebagai publik, mereka berhak mengetahui rencana kebijaksanaan, aktivitas, program kerja dan rencana-rencana usaha suatu organisasi/perusahaan berdasarkan keadaan, harapan-harapan, dan sesuai dengan keinginan public sasarannya.

B.   Kompetensi Standar
1.      Mahasiswa memahami dengan baik mengenai teori-teori yang berkenaan dengan manajemen public relations.
2.      Mahasiswa memiliki kemampuan mengaplikasikan ilmu manajemen public relations dalam menjalankan aktivitas sehari-hari.
3.      Mahasiswa memiliki kemampuan mengembangkan pemikiran, gagaan, dan keilmuan yang berkenaan dengan manajemen public relations.


C.Topik-topik Perkuliahan

1.   Orientasi Perkuliahan
Pengantar Umum Perkuliahan; penjelasan tentang sistem perkuliahan, kredit smester, penulisan makalah, serta sistem evaluasi.

2.      Pengertian, ruang lingkup, dan manfaat mempelajari manajemen public relations.
Manajemen publik relation merupakan penelitian, perencanaan, pelaksanaan dan pengevaluasian suatu kegiatan komunikasi yang disponsori oleh organisasi, mulai dari pertemuan kelompok kecil hingga berkaitan dengan konferensi pers international via satelit, dari pembuatan brosur hingga kampanye nasional melalui multi media, dari menyelenggarakan acara open house hingga kampanye politik, dari pengumuman pelayanan publik hingga menangani kasus manajemen krisis.

3.      Sejarah Manajemen Public Relation dan Fungsi Manajemen Publik Relation.
Menurut sejarah pada awalnya kemunculan istilah manajemen publik relation berkenaan dengan suatu metode publik relation saat menghadapi suatu puncak krisis pada tahun 1906. Saat itu, terjadi pemogokan total buruh di industri pertambangan batu bara di Amerika Serikat. Sebagai akibatnya adalah terjadi kelumpuhan total industri batu bara terbesar di Negara tersebut. Berilah analisa tentang hal ini.


4.      Opini Publik: Faktor Penilaian Sikap (Attitude), Faktor Konsensus, dan Pencapaian Citra Positif
Untuk memahami opini seseorang atau publik tersebut, maka seorang PRO (Pejabat Humas) harus mengevaluasi secara berkala tentang opini yang sedang beredar dalam segmen-segmen publiknya. Sedangkan faktor-faktor yang dapat membentuk opini publik. Di antaranya: perasaan, tingkah laku, dan pengertian nalar. Berilah penjelasan tentang hal ini.

5.      Manajemen Komunikasi dan Organisasi
Bila dikaitkan dengan kegiatan publik relation, maka sarana komunikasi sangat penting dalam penyampaian pesan-pesan (message) demi tercapainya tujuan, dan pengertian bersama dengan publik, khalayak sasarannya. Akhirnya dan yang terpenting dari semua, seorang pajabat humas haruslah seseorang yang ahli dalam aspek komunikasi. Berilah analisa tentang hal ini.

6.      Kedudukan dan Strategi Publik Relation
Kedudukan publik relation adalah menilai sikap masyarakat (publik) agar tercipta keserasian antara masyarakat dan kebijaksanaan organisasi. Karena mulai dari aktivitas, program publik relation, tujuan (goal), dan hingga sasaran (target) yang hendak dicapai oleh organisasi. Humas berfungsi menciptakan partisipasi antar pejabat PR (Publik Relation) dan masyarakat untuk mewujudkan tujuan bersama. Fungsi tersebut dapat diwujudkan melalui beberapa strategi publik relation. Strategi yang dapat digunakan di antaranya: strategi operasional, persuasif dan edukatif, tanggung sosial humas, dan pendekatan kerja sama. Berilah penjelasan tentang hal ini.

7.      Mid Semester

8.      Program Kerja dan Aktivitas Publik Relation
Program kerja untuk mengelola berbagai aktivitas PR tersebut dapat diwujudkan jika terorganisasi dengan baik melalui manajemen PR yang dikelola secara profesional dan dapat dipertanggungjawabkan hasil atau sasarannya. Hal tersebut juga dapat diwujudkan jika adanya pertukaran pendapat, pesan, dan informasi yang jelas, dan mudah dimengerti oleh kedua belah pihak yang terlibat komunikator dan komunikan. Semua itu dapat dimanfaatkan sebagai alat (tool) untuk kegiatan atau aktivitas komunikasi dua arah timbal balik (reciprocal two ways traffic communication) sehingga diperoleh pencapaian umpak balik (feed back) yang positif.

9.      Keharusan PR Membina Hubungan dengan Media dan Pers
Keharusan bagian PR sebuah organisasi membina hubungan dengan media dan pers merupakan sebagai alat pendukung untuk kepentingan proses publikasi berbagai program kerja untuk kelancaran aktivitas komunikasi humas dengan pihak publik. Berilah analisa tentang hal ini.

  1. Media PR, Company Profile, Dokumentasi Kliping, Special Events, dan Pameran sebagai Alat Promosi.
Media perusahaan biasanya dipergunakan sebagai saluran atau sarana komunikasi yang sering dipergunakan oleh Praktisi Public Relation untuk menyampaikan pesan kepada publiknya, dan sekaligus mampu meningkatkan citra melalui berbagai jenis media publikasi, antara lain sebagai berikut: House Journal, Printed Material, Media Pertemuan (Event), Broadcasting Media dan Internet, dan Media Sarana Humas. Berilah penjelasan tentang hal ini.

  1. Konsultan Humas (PR Consultan)
Dalam praktik lapangannya Manajemen Public Relation terdapat dua bidang profesi public relation dalam memberikan pelayanannya. Pertama, profesi public relation yang terlibat atau termasuk ke dalam suatu departemen, unit atau bagian dari manajemen perusahaan yang statusnya sama dengan karyawan lainnya. Kedua, Konsultan PR, profesi ini hanya memberikan jasa keahlian khusus bidang konsultan kehumasan kepada pihak lain yang membutuhkan pelayanan jasa profesionalnya. Berilah penjelasan tentang hal ini.

  1. Ujian Akhir Semester

D.   Evaluasi
1.      Penulisan Makalah Sajian, dengan ketentuan.
a.       Memilih salah satu topik perkuliahan.
b.      Ditulis ketik komputer, jenis huruf Time New Roman, font 12, 1,5 spasi.
c.       Kertas  ukuran A4.
d.      Minimal 5 halaman, di luar Kata Pengantar dan Daftar Pustaka
e.       Memenuhi syarat penulisan ilmiah. 

2.      Penulisan Makalah Akhir, dengan ketentuan
a. Memperbaiki makalah yang sudah disajikan.
b.Ditulis ketik komputer, jenis huruf Time New Roman, font 12, 1,5 spasi.
c. Kertas  ukuran A4.
d. Memenuhi syarat penulisan ilmiah.

3.      Unsur-unsur penilian:
a.       Kehadiran                                     20%
b.      Keaktifan                                      20%
c.       Ujian Tengah Semester                 20%
d.      Ujian Akhir Semester                    20%
e.       Makalah                                        20%
______________________________
Total............................................100%



















DAFTAR PUSTAKA

Abraham, Kathleen S. Communication Everyday Use. San Fransisco: Rinehart Press, 1977.

Agee, Warren K, Phillip H. Ault and Edwin Emery. Introduction to Mass Communication, New York: Harper and Row Publisher, 1977.

Berlo, David. K. The Process of Communication: An Introduction to Theory and Practice. New York: Holt, Rinehart and Winston, 1960.

Bonar, S. K. Hubungan Masyarakat Modern, Jakarta: PT Pembangunan, 1966.

Book, Cassandra L. Human Communication: Principles, Contexs and Skills. New York: St. Martin’s Press, 1980.

Byrnees, Francis. C. Communication (Reading Material). The International Rice Research Institute. Los Banos- Philippines, 1965.

Cangara, Hafied. Ilmu Komunikasi dalam Lintasan Sejarah dan Filsafat. Surabaya: Karya Anda, 1996.

-----------, Pengantar Ilmu Komunikasi, Jakarta: PT Raja Grafindo, 2014.

Effendy, Onong Uchjana. Hubungan Masyarakat, Suatu Studi Komunikasi, Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 1992.

Ruslan, Rosady, Manajemen Public Relation dan Media Komunikasi Konsepsi dan Aplikasi, Jakarta: PT Raja Grafindo, 2014.



Reactions:

Post a Comment

 
Top